Bahçıvan Kebap (Kebab Tukang Kebun)

Masih ada potongan daging di kulkas dan beraneka ragam sayuran. Saya coba resep yang ada di buku berbahasa Inggris mengenai resep masakan turki yang dibelikan oleh suami saya waktu kami jalan-jalan di Istanbul musim semi tahun ini (2008). Bedanya pada versi saya, tidak menggunakan terong soalnya suami ga doyan. Trus saya juga mengganti bell pepper dengan cubanelle pepper, menambahkan kentang (sayuran favorit suami saya) serta menambahkan bawang putih dan red flakes pepper untuk menambah cita rasa agar sesuai dengan selera keluarga kami.

Masakan Turki
Untuk 2 - 3 porsi

Bahan:
~500 gr daging kambing atau daging sapi, potong bentuk dadu
2 sdm mentega
1 siung bawang bombay, cincang
2 siung bawang putih, cincang
~20 batang buncis, potong ujungnya kemudian potong tiga bagian
1 buah wortel, cuci lalu iris melingkar
1 buah kentang ukuran sedang, cuci lalu potong bentuk kotak
2 buah cubanelle pepper atau 1 buah paprika, potong bentuk cincin
1 buah zucchini squash (sejenis labu siam tapi bentuknya memanjang seperti terong; bisa juga diganti dengan terong), potong bentuk batang
1,5 - 2 buah tomat ukuran sedang, potong bentuk kotak
50 gr atau segenggam kacang kapri kalengan, cuci bersih dan tiriskan
seikat dill (bhs turki: dereotu; atau bisa ganti dengan peterseli), cincang
1/2 sdt lada
1/2 sdt red flakes pepper (cabe merah kering bubuk)
2 sdt garam, atau sesuai selera

Cara Memasak:
Lumerkan mentega di dalam Güveç (panci atau kuali yang terbuat dari tanah liat) lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi atau setengah layu. Masukkan cubanelle pepper atau paprika dan daging, aduk-aduk hingga daging berubah warna (sekitar 5 menit). Tutup dan masak dengan api kecil hingga 15 menit sambil sesekali diaduk. Masukkan buncis, kentang, dan wortel serta air hingga menggenangi daging dan sayuran, lalu tutup panci dan masak dengan api kecil selama 45 menit sampai daging setengah empuk. Tambahkan zucchini squash atau terong serta tomat dan kacang kapri. Dapat juga tambahkan air jika dirasa kurang untuk melunakkan daging. Kemudian tutup kembali dan masak dengan api kecil hingga 30 - 45 menit lagi. Menjelang masak, tambahkan cincangan dill lalu matikan api. Sajikan selagi hangat.

0 comments

Recent Entries

Recent Comments

Recommended Blogs To Visit

  • Hudalilmuttaqiin
  • Abdicik
  • Hablulmetin
  • Seyfullah
  • AbdulMetin