Kırmızı Mercimek Çorbası (Sup Lentil Merah)

Rencananya saya mau bikin opor ayam hari ini soalnya pas lebaran kemarin ga bisa makan opor ayam, maklum deh lebaran di rumah sodara jadi ga bisa nentuin masakan sendiri. Tapi suami saya mendadak sakit dan dia cuma pengen makan Mercimek Çorbası. Jadinya saya coba bikin deh dengan melihat resep dari internet dan sedikit improvisasi. Alhamdulillah hasilnya memuaskan, suami saya sampai habis dua mangkuk padahal biasanya dia paling ogah makan sup.

Masakan Turki
Untuk 4 - 5 porsi

Bahan:
1 gelas lentil merah, cuci dan tiriskan
2 sdm minyak zaitun (bisa diganti dengan minyak sayur)
1 bawang bombay, cincang halus
2 butir bawang putih, cincang
1 buah wortel ukuran kecil atau sedang, cincang
1 sdm et yağ (bisa diganti dengan blok kaldu kering atau gunakan kaldu asli untuk mengganti air)
5 gelas air atau lebih disesuaikan dengan selera (dapat gunakan kaldu sapi atau kaldu ayam)
1/2 sdt lada atau sesuai selera
1/2 sdt bubuk cabe merah kering (red pepper flakes)
Garam sesuai selera

Penyajian (optional):
Air perasan jeruk lemon
1 sdm mentega
Bubuk cabe merah kering

Cara Memasak:
Letakkan lentil merah dan wortel di dalam panci bersama air atau kaldu kemudian masak dengan api sedang - kecil selama 35 menit hingga melunak. Saring sup kemudian gunakan hasil saringannya atau dapat juga diblender kemudian tambahkan air panas jika hasilnya terlalu kental.
Panaskan minyak zaitun di wajan terpisah kemudian tumis bawang bombay dan bawang putih hingga setengah layu sekitar 5 - 8 menit (jangan sampai gosong). Kemudian masukkan tumisan bawang ke dalam panci berisi sup hasil saringan yang dipanaskan dengan api kecil, tambahkan red pepper flakes, lada dan garam kemudian aduk rata. Biarkan hingga mendidih kemudian matikan api.
Untuk penyajian, lumerkan mentega di wajan kecil kemudian masukkan red pepper flakes. Ketika mulai bergelembung/berbuih, tuangkan ke atas sup sedikit demi sedikit. Sajikan sup selagi hangat bersama dengan potongan roti berbentuk dadu yang digoreng dengan minyak. Tambahkan air perasan jeruk lemon jika selera.

0 comments

Recent Entries

Recent Comments

Recommended Blogs To Visit

  • Hudalilmuttaqiin
  • Abdicik
  • Hablulmetin
  • Seyfullah
  • AbdulMetin