Etli Kuru Fasulye (Kacang Putih Berdaging)

Sudah saya niatkan untuk memasak kuru fasulye hari ini, jadi dari semalam kuru fasulye (kacang putih kering)-nya sudah saya rendam dengan air. Dan saya lihat paginya sudah siap untuk dimasak. Alhamdulillah suami senang dan dia terkejut hasil masakan turki yang saya bikin enak...

Masakan Turki
Untuk 4 porsi

Bahan:
2 gelas kacang putih kering
~250 gr daging kambing atau daging sapi, potong bentuk dadu atau digiling
4 sdm mentega
2 butir bawang bombay, cincang
2 siung bawang putih, iris tipis atau cincang
1 buah wortel (jika suka), potong sesuai selera
2 buah tomat atau 2 sdm pasta tomat atau kombinasi dari keduanya
4 - 5 gelas kaldu daging atau air
1 buah cabe hijau atau cabe merah (bisa pakai cubanelle pepper atau bell pepper atau cabe lainnya yang tidak terlalu pedas)
1/2 - 1 sdt lada 1/2 - 1 sdt red pepper flakes (cabe merah kering bubuk)
Garam sesuai selera

Cara Memasak:
Rendam kacang putih kering dalam air selama 8 - 10 jam, kemudian tiriskan. Masukkan kacang tsb ke dalam air mendidih yang diberi sedikit garam kemudian masak selama 30 menit hingga setengah melunak. Setelah itu angkat da tiriskan.
Sementara itu dalam panci terpisah, lumerkan mentega untuk menumis bawang bombay dan bawang putih yang telah dicincang hingga harum. Lalu tambahkan daging dan masak sambil sesekali diaduk hingga daging berubah warna. Tambahkan wortel, cabe, tomat atau pasta tomat, lada, red pepper flakes, dan garam, aduk-aduk hingga tercampur rata. Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga daging melunak sekitar 45 menit, atau jika menggunakan daging giling bisa langsung lanjut ke langkah berikutnya. Kemudian tambahkan kacang dan kaldu atau air. Tutup dan biarkan masak hingga kacang melunak. Garam dapat ditambahkan jika diperlukan untuk menyesuaikan dengan selera. Sajikan selagi hangat bersama dengan pilav (nasi khas turki) atau roti khas turki.

0 comments

Recent Entries

Recent Comments

Recommended Blogs To Visit

  • Hudalilmuttaqiin
  • Abdicik
  • Hablulmetin
  • Seyfullah
  • AbdulMetin